jenis tabungan

Jenis tabungan yang tepat akan memudahkan Anda dalam menabung sehingga bisa memperoleh hasil tabungan yang lebih maksimal. Untuk itu, Anda harus mengetahui jenis-jenis tabungan yang ada. Tiap jenis tabungan ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada jenis tabungan yang paling bagus tapi yang ada hanyalah jenis yang paling tepat untuk Anda.

Jika Anda rajin menabung maka Anda akan memperoleh masa depan finansial yang cerah. Anda dapat mengatasi kebutuhan finansial yang tidak terduga hingga dapat menghindari jeratan hutang. Untuk itu Anda harus punya strategi dan cara menabung yang efisien. Pemilihan jenis tabungan yang tepat juga harus menjadi perhitungan Anda dalam menabung. Apalagi jenis tabungan di bank cukup beragam sehingga terkadang tidak dipahami kaum awam.

Ada banyak jenis tabungan di bank, dan tiap jenis tabungan punya bunga yang berbeda pula. Jenis tabungan apa yang punya bunga paling besar? Bagaimana cara menghitung bunga bank? Dalam artikel ini, akan kami bahas lengkap mengenai jenis tabungan hingga cara menghitung bunga bank.

Apa Itu Tabungan

Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya bisa dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati namun tidak bisa ditarik dengan cek cek bilyet giro atau alat lainnya. Pengertian sederhana dari tabungan adalah salah satu produk perbankan yang ditujukan untuk menyimpan uang. Uang yang disimpan di bank nantinya akan dijamin dan dilindungi oleh lembaga penjamin simpanan LPS. LPS akan menjamin uang nasabah hingga RP 2 miliar per bank.

12 Jenis-Jenis Tabungan

1. Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional adalah jenis simpanan dana di bank yang dimiliki oleh seseorang. Jika anda menyimpan tabungan di bank artinya Anda menyimpan tabungan konvensional. Tabungan konvensional bisa diambil kapanpun dan memiliki berbagai fasilitas yang bisa memudahkan anda dalam menyimpan dan menariknya. Fasilitas tersebut adalah nomor rekening kartu ATM dan buku tabungan. Bahkan layanan internet bank dan mobile banking bisa mempermudah nasabah.

2. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka biasanya dipilih oleh mereka yang tidak bisa menabung namun ingin tetap memiliki dana di Bank. Dengan tabungan berjangka maka dana yang anda miliki atau pendapatan yang anda miliki bisa ditarik otomatis dari rekening utama ke rekening berjangka dengan nominal dan tanggal yang sudah disepakati. Jika anda ingin berhenti dan mencairkan dana sebelum jatuh tempo maka nantinya Anda bisa dikenakan denda.

3. Tabungan Anak

Tabungan anak biasanya dipakai untuk orang tua yang ingin mengajarkan pentingnya menabung sejak dini kepada anak mereka. juga dibuat semenarik mungkin agar anak merasa senang saat menabung di bank.

4. Tabungan Haji

Tabungan haji dipilih bagi mereka yang ingin melaksanakan ibadah haji agar keberangkatan ke tanah suci sesuai rencana maka tabungan haji biasanya dibuat berjangka. Jika anda ingin memiliki tabungan haji maka anda perlu melunasinya sebelum waktu tenggat.

5. TabunganKu

Pemerintah Republik Indonesia melalui bank Indonesia di tahun 2010 memiliki program tabunganku yang adalah bagian dari gerakan Indonesia menabung. Program ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan budaya menabung di masyarakat dan menjangkau mereka yang belum memiliki rekening tabungan di bank. Ada lebih dari 70 bank yang sudah ikut program pemerintah ini dan menawarkan berbagai keunggulan produknya. Dengan jenis tabungan ini maka anda tidak akan dikenakan biaya administrasi.

6. Tabungan Giro

Tabungan giro dipakai untuk transaksi bisnis yang memiliki rekening pada perusahaan. manfaat Dari jenis tabungan ini adalah Anda bisa melakukan transaksi menggunakan cek dan bilyet Giro. Selain itu Anda juga tidak mendapatkan buku tabungan namun bisa mendapatkan rekening koran secara rutin tiap bulannya.

7. Tabungan Bisnis

Tabungan bisnis ditunjukkan oleh mereka yang memiliki usaha atau bisnis. Dengan jenis tabungan ini maka anda bisa merasakan keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan. Untuk bisa mendapatkan keuntungan lewat jenis tabungan ini maka anda perlu melakukan setoran awal yang besar dengan minimal setoran bulanan yang juga besar.

8. Tabungan Pegawai

Jenis tabungan yang satu ini memiliki fitur yang mirip seperti tabungan konvensional namun perbedaannya adalah siapa nasabah yang berhak memiliki tabungan ini. Umumnya tabungan pegawai diberikan oleh perusahaan kepada pegawainya untuk memudahkan proses gaji bulanan. 

Biasanya perusahaan sudah bekerjasama dengan bank tertentu untuk memfasilitasi proses file lewat tabungan tersebut. Jenis tabungan ini cukup menguntungkan karena pegawai tidak perlu repot pergi ke bank untuk membuka tabungan karena prosesnya sudah dilakukan oleh perusahaan. Selain itu saat Anda mengajukan kredit maka anda memiliki peluang yang cukup besar untuk diterima oleh bank tersebut.

9. Tabungan Mahasiswa

Tabungan mahasiswa hanya ditujukan bagi Anda yang memiliki status mahasiswa di salah satu universitas. Biasanya tabungan mahasiswa ini ini ada jika pihak bank bekerjasama dengan pihak universitas keunggulan dari tabungan mahasiswa adalah memudahkan mereka dalam proses pembayaran biaya kuliah dan dan kebutuhan keuangan pribadi.

10. Tabungan Syariah

Jenis tabungan ini mirip seperti tabungan konvensional namun bedanya adalah sistem perbankan yang dianut. Sudah ada beberapa bank konvensional yang membuat program tabungan Syariah.

11. Tabungan Investasi

Tabungan investasi ini menyediakan produk yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai dengan kebutuhan investasi mereka seperti deposito dan tabungan saham. Tabungan investasi ini memberikan keuntungan atau return lebih dari sekedar tabungan biasa sehingga nasabah bisa menempatkan dana pada tabungan investasi sesuai dengan profil risiko mereka.

12. Tabungan Valuta Asing

Tabungan valuta asing adalah salah satu jenis tabungan yang bisa memfasilitasi nasabah saat membutuhkan valuta asing untuk kepentingan bisnis atau pribadi. Umumnya tabungan valuta dipakai oleh mereka yang sering bertransaksi menggunakan mata uang asing.

2 Jenis Bunga Tabungan

1. Bunga Tabungan Konvensional

Bunga tabungan konvensional tidak terlalu besar umumnya berlaku 1% per tahun. Bunga ini diberikan oleh bank atas rasa terima kasih kepada nasabah karena sudah menggunakan jasa tabungan  mereka.

2. Bunga Tabungan Deposito

Bunga tabungan deposito bisa dari 4% hingga 5%. Untuk Mendapatkan bunga tersebut anda perlu menyimpan uang dalam vendor yang sudah dipilih di awal..

2 Cara Menghitung Bunga Tabungan Bank

Jika Anda menabung di Bank, tentunya Anda ingin mengetahui berapa banyak bunga yang akan Anda dapatkan jika sudah menyimpan uang dalam periode waktu tertentu. Simak cara ini sehingga Anda bisa menghitung bunga tabungan di bank.

1. Cara Menghitung Bunga Tabungan Sesuai Dengan Saldo Terendah

Jika anda ingin menghitung bunga tabungan sesuai dengan saldo terendah maka ihat contoh berikut ini:

Jika di bulan Februari Anda memasukkan uang untuk ditabung dengan saldo tertinggi yang dimiliki 60 juta dan saldo terendah 20 juta maka bunga perbulan yang dijanjikan adalah 1,5%. Lalu berapa nominal jumlah bunga tabungan yang anda dapatkan?

Bunga Tabungan = Saldo paling rendah x (Suku bunga x Jumlah hari dalam 1 bulan) / 365 HariBunga Tabungan = 20.000.000 x (1,5% x 28) / 365Bunga Tabungan = Rp23.013

2. Menghitung bunga tabungan sesuai saldo rata-rata

Jika di bulan Februari anda menabung 20 juta tanggal 1 Februari lalu 10 juta Tanggal 10 Februari dan menabung kembali 60 juta tanggal 15 Februari maka berapa nominal bunga tabungan yang anda peroleh?

Pertama-tama Anda harus menghitung saldo total yang Anda bisa dapatkan. Adapun cara menghitung saldo total yaitu sebagai berikut.

Saldo total = Saldo yang masuk x jarak hariSaldo total = (20 juta x 1) + (10 juta x 9) + (60 juta x 5)Saldo total = 20 juta + 90 juta + 300 juta = 410 jutaSaldo rata-rata = 410 juta / 28 hari = Rp14.642.857

Setelah, Anda menghitung saldo total maka langkah selanjutnya yaitu adalah menghitung bunga tabungan. Cara menghitung bunga tabungan yaitu sebagai berikut.

Bunga Tabungan = Saldo rata-rata x (Suku bunga x Jumlah hari dalam 1 bulan) / 365 HariBunga tabungan = 14.642.857 x (1,5% x 28) / 365Bunga Tabungan = Rp16.849

 Anda juga dapat Menghitung Bunga Tabungan Sesuai Saldo Harian. Berikut cara yang dapat Anda gunakan untuk menghitungnya.

Bunga Tabungan = Saldo per hari x persentase bunga x jarak hari / 365 1. 20 juta x 1,5% x 1 / 365 = Rp8212. 10 juta x 1,5% x 9 / 365 = Rp3.6983. 60 juta x 1,5% x 5 / 365 = Rp12.328

Total bunga yang diperoleh dari perhitungan bunga tabungan saldo harian = Rp821 + Rp3.698 + Rp12.328 = Rp16.847

Biaya Administrasi Jenis Tabungan di Sinarmas

Daftar biaya administrasi pada tabungan di Sinarmas yakni

  • Tabungan Sinarmas simpel (Bebas Biaya)
  • Tabungan Sinarmas Alfamart (Bebas Biaya)
  • Tabunganku (Bebas Biaya)
  • Tabungan Sinarmas orami (Bebas Biaya)
  • Tabungan Simas Tara (Bebas Biaya)
  • Tabungan Simas Diamond (Bebas Biaya)
  • Tabungan Simas Gold (Rp 10.000)

Kini, Anda bisa pilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan lupa untuk selalu sisihkan pendapatan Anda untuk kumpulkan tabungan untuk berbagai tujuan finansial.

Investasikan Uang Anda untuk Membangun Bisnis yang Sukses

Menabung adalah kunci untuk mencapai financial freedom. Namun, jika uang Anda sudah banyak, Anda dapat menginvestasikan untuk membangun sebuah bisnis. Karena dengan Anda memutarkan uang menjadi sebuah bisnis, maka akan lebih menguntungkan dibandingkan menabung di bank. 

Lalu jika tidak punya uang tabungan berarti tidak bisa membangun bisnis? Jawabannya tidak! Anda tetap bisa membangun bisnis dengan meminjam di fintech lending terpercaya seperti Danamas Pinjaman Bisnis. Danamas Pinjaman Bisnis adalah Pinjaman Online Terpercaya beragunan properti yang telah berizin OJK. Pinjaman agunan properti ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor 1 tahun – 10 tahun.
Simulasikan kredit Anda melalui Kalkulator Pinjaman Bisnis sekarang juga!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b