Literasi keuangan

Tahukah anda bahwa literasi keuangan adalah salah satu indikator kemajuan sebuah negara? Literasi keuangan adalah salah satu hal yang paling sering digunakan oleh pemerintah terutama oleh pihak bank Indonesia untuk melihat kemajuan suatu kondisi ekonomi negara. Literasi keuangan memiliki peran yang cukup penting bagi masyarakat apa saja berikut ulasannya.

Apa Itu Literasi Keuangan?

Literasi keuangan adalah pengetahuan atau kemampuan masyarakat terkait finansial agar mereka mampu mengelola dan memanfaatkan keuangan secara maksimal. Dengan adanya kemampuan literasi keuangan maka masyarakat diharapkan memiliki bekal edukasi yang cukup baik terkait finansial sehingga mampu mengambil sikap dan memilih keputusan keuangan secara.

Pengertian literasi keuangan menurut OJK yaitu ilmu keahlian dan keyakinan yang mempengaruhi tingkah laku manusia sebagai bentuk peningkatan kualitas pengelolaan keuangan dan juga pengambilan keputusan untuk tercapainya kesejahteraan hidup.

Mengapa Butuh Literasi Keuangan?

Literasi keuangan

Literasi keuangan sangat dibutuhkan untuk mendukung berbagai fungsi ekonomi di sebuah negara maka ketika seseorang atau masyarakat sadar terkait produk dari jasa keuangan makan semakin meningkat pula transaksi keuangan di sebuah negara sehingga nantinya akan bisa meningkatkan pergerakan terhadap perekonomian.

Literasi keuangan sangat berpengaruh pada perekonomian dikarenakan adanya peningkatan jumlah penduduk yang sadar Akan produk dan jasa keuangan. Hal ini bisa mempengaruhi peningkatan pemanfaatan produk dan jasa keuangan sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian lebih cepat.

Masyarakat perlu memiliki kemampuan literasi keuangan agar mereka mampu mengelola keuangannya secara bijak dan meningkatkan pendapatannya agar tidak dihabiskan secara impulsi, maka sebaiknya mereka juga mulai belajar untuk berinvestasi agar nilainya lebih produktif.

Manfaat Literasi Keuangan

Literasi keuangan memiliki manfaat jangka panjang bagi setiap individu hal tersebut antara lain untuk meningkatkan literasi yang dimiliki sebelumnya dan meningkatkan jumlah penggunaan produk. Literasi keuangan bisa membuat seseorang mengelola dan mengambil setiap peluang agar mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera di masa depan. 

Tak hanya itu, literasi keuangan juga bisa membantu setiap individu dalam membuat keputusan utamanya yang berkaitan dengan pengambilan keputusan untuk berinvestasi.

Tingkat Literasi Keuangan

Literasi keuangan
  1. Well Literate

Artinya orang tersebut memiliki pengetahuan dan juga keyakinan terkait lembaga jasa keuangan yang sudah mengenal akan produk atau jasa keuangan di dalamnya. Mereka paham akan fitur manfaat risiko hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan untuk memanfaatkan produk dan jasa keuangan dengan baik.

  1. Sufficient

Pada tingkatan literasi keuangan ini di mana seseorang memiliki pengetahuan dan juga keyakinan akan lembaga jasa keuangan atas produk dan jasa keuangan tersebut. Mereka juga sudah mengenal fitur manfaat resiko hak dan kewajiban terkait produk jasa keuangan.

  1. Less Literate

Mereka memiliki pengetahuan terkait lembaga jasa keuangan dan produk saja tidak lebih dari itu.

  1. Illiterate

Mereka yang tergolong pada tingkat literasi keuangan ini tidak memiliki pengetahuan yang cukup baik dan keyakinan terhadap lembaga jasa keuangan dan produk serta jasa keuangan.

Baca juga:

Trik Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan

Inflasi: Pengertian, Jenis, dan Penyebabnya

Empat Aspek Literasi Keuangan

Menurut Chen dan Volpe ada 4 aspek literasi keuangan antara lain:

  • Pemahaman pengetahuan dasar tentang keuangan pribadi
  • Tabungan dan pinjaman
  • Asuransi 
  • Investasi 

Lima Aspek Literasi Keuangan Menurut Nababan Dan Sadalia

  1. Dasar Keuangan Pribadi

Dasar keuangan pribadi yang meliputi pemahaman dasar seseorang dalam sebuah sistem keuangan seperti perhitungan bunga sederhana, inflasi bunga majemuk, opportunity cost, likuiditas aset dan lain-lain.

  1. Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan keuangan mencakup dimana seseorang mengelola uang pribadi mereka maka semakin baik pemahaman tentang literasi keuangan akan semakin baik juga orang tersebut mengelola keuangan pribadi mereka.

  1. Pengelolaan Kredit Dan Utang Pinjaman

Dii aspek selanjutnya adalah pengelolaan perkreditan sebuah rangkaian kegiatan dan komponen yang saling berhubungan satu sama lain secara sistematis dalam proses pengumpulan dan penyajian informasi kredit bank.

  1. Pengelolaan Risiko

Risiko merupakan sebuah hal yang muncul akibat dari adanya suatu ketidakpastian. Untuk mengatasi ketidakpastian tersebut maka Anda harus memiliki pengelolaan risiko yang baik Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi kerugian yang dialami serta mengoptimalkan keuntungan yang bisa didapat.

  1. Pengukuran Literasi Keuangan

Ada 4 hal dalam pengukuran literasi keuangan pengetahuan dan kemampuan tentang penganggaran investasi tabungan dan pinjaman menurut Remund.

Variabel dalam literasi keuangan bisa membantu untuk mengukur kemampuan seseorang yang berhubungan dengan pemahaman mereka terhadap beberapa hal berikut ini seperti nilai tukar uang, pencatatan keuangan, fitur jasa layanan keuangan, dan sikap dalam mengeluarkan uang.

Dengan memiliki pemahaman atas pengelolaan keuangan, ini bisa menjadi pedoman untuk Anda menjalankan usaha lebih lancar. Terlebih lagi jika Anda memiliki usaha, dimana pemahaman terhadap finansial sudah harus cukup berliterasi. 

Jika Anda seorang pebisnis, maka kemampuan ini sangatlah penting terutama saat Anda mendapatkan kucuran dana modal usaha besar seperti pendanaan bisnis lewat pinjaman agunan properti dari Lancar by Danamas. Bisa dibayangkan saat Anda mendapatkan modal usaha Rp 2 miliar dari Lancar by Danamas, maka Anda juga harus paham bagaimana mengelolanya. 

Jika Anda tertarik untuk ubah properti menjadi modal usaha, maka langsung simulasikan lalu ajukan pinjaman ke Lancar by Danamas, lewat aplikasinya yang sudah bisa Anda download di App store dan Play Store.

Literasi keuangan

Lima Hal Dalam Mengukur Literasi Keuangan Menurut Widayat

  •  kepatuhan pada rencana anggaran pengeluaran
  •  menyusun atau perencanaan anggaran penghasilan yang bisa didapat
  •  pemahaman atas nilai-nilai uang
  •  menyusun atau merencanakan anggaran biaya yang akan dikeluarkan
  •  pemahaman atas nilai nominal uang
  •  pemahaman tentang inflasi

Menurut Australian securities and investment commission, berikut tolak ukur literasi keuangan antara lain:

  • Pengetahuan seseorang atas nilai sebuah barang dan skala prioritas dalam hidupnya.
  • Pengangguran tabungan dan bagaimana mengelola uang
  • Pengelolaan kredit
  • Pentingnya asuransi dalam melindungi terhadap resiko
  • Perencanaan pensiun
  • Dasar-Dasar Investasi
  • Mengenali potensi konflik atas kegunaan atau prioritas
  • Pemanfaatan dari belanja dan bandingkan produk kemana untuk mencari saran dan informasi bimbingan serta dukungan tambahan

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b