gaya hidup minimalis

Hidup minimalis ini menjadi trend di kalangan anak muda. Tidak hanya sekedar trend, gaya hidup minimalis ternyata bisa memberikan berbagai manfaat yang akan Anda rasakan di kemudian hari. Gaya hidup minimalis ini bisa tercermin dari berbagai aktivitas sehari-hari yang memberikan dampak positif untuk hidup sederhana namun tetap menikmati hidup.

Apa Itu Gaya Hidup Minimalis?

gaya hidup minimalis

Gaya hidup minimalis adalah hidup yang berfokuskan pada minimal gangguan yang bisa menghalangi anda untuk melakukan hal-hal yang penting. Menurut Joshua becker, seorang penulis buku becoming minimalist, minimalis adalah hal-hal yang membuat Anda bahagia dan menghilangkan hal-hal yang tidak membuat anda bahagia, secara sederhana ini bisa dikatakan adalah hidup sederhana. Slogan yang cukup populer untuk menyandingkan konsep minimalis adalah less is more.

Pada kenyataannya, minimalis tak hanya terbatas pada barang saja, minimalis juga bisa melalui fashion, internet, yang sering digunakan dalam istilah digital minimalis. Hidup minimalis ini sifatnya sangat personal atau individual sehingga mungkin saat penerapannya cukup berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

Cara Memulai Gaya Hidup Minimalis

gaya hidup minimalis
  • Hidup Rapi

Merapikan adalah tentang mengatur segala sesuatu hal menjadi lebih tertata. Anda bisa membedakan mana barang yang masih bisa dipakai atau barang yang sudah jarang dan tidak dipakai lagi. Anda juga bisa menyimpan barang-barang yang masih sering digunakan sementara barang-barang yang sudah rusak dipilah lalu Anda bisa sumbangkan atau jual. Jika anda masih ragu, maka Anda bisa menggunakan metode 90/90 saat melakukan pembersihan. Metode ini memungkinkan anda untuk menjawab pertanyaan seperti apakah barang tersebut, masih anda gunakan 90 hari terakhir atau apakah Anda masih menggunakan barang tersebut untuk 90 hari kedepan? Jika jawabannya tidak maka artinya anda tidak membutuhkan barang tersebut lagi.

  •  Bersihkan Rumah Secara Teratur

Untuk menjaga semua barang tetap rapi, anda pun juga harus membersihkan rumah secara teratur. hal ini bisa membantu anda untuk memastikan Apakah ada barang-barang yang diinginkan atau menumpuk dan anda pun bisa segera cepat mengurangi barang-barang yang tidak dibutuhkan kembali.

  • Belanja Sesuai Kebutuhan

Ini artinya Anda membeli barang sesuai dengan kebutuhan tanpa perlu menambah lain yang ternyata tidak ada butuhkan di kemudian hari. terkadang kita bisa terkecoh karena barang tersebut tampak lucu Namun ternyata kurang memiliki fitur atau manfaat di kemudian hari bagi kebutuhan kita.

  • Pilih Kualitas Daripada Kuantitas

Saat menggunakan produk dalam jangka waktu yang lama anda perlu membeli produk yang berkualitas sehingga Anda tidak perlu membeli barang tersebut kembali dalam jangka waktu pendek.

  • Kurangi Keterikatan Emosional Pada Barang

Beberapa orang memiliki keterikatan emosional pada barang seperti anda sulit lepas atau tidak ingin menjual barang tersebut karena memiliki memori yang sangat mudah, padahal barang tersebut sudah tidak terpakai lagi dan hanya menumpuk di gudang. Untuk itu cobalah mengurangi perasaan emosional terhadap sebuah barang.

  • Atur Isi Lemari

Lemari adalah salah satu tempat di mana anda memiliki banyak sekali yang sering dipakai atau tidak pernah dipakai sama sekali. Cek pakaian anda dan mulailah pilih beberapa pakaian yang dipakai dibuang atau ingin disumbangkan.

  • Terapkan Prinsip Pergantian Bukan Penambahan

Mungkin anda bisa membeli barang baru anda perlu memikirkan apakah barang itu akan menambah banyak barang lainnya di rumah atau menggantikan fungsi barang yang ada di rumah. Seperti contoh saat anda ingin membeli sepatu baru maka pastikan bahwa sepatu tersebut menggantikan untuk sepatu lain yang memang sudah rusak, sehingga Anda tidak perlu memiliki banyak sepatu yang ternyata tidak semua sepatu tersebut digunakan sehari-hari. 

Manfaat Hidup Minimalis

gaya hidup minimalis
  • Sehat Secara Finansial 

Minimalis membantu anda untuk memahami apa saja yang anda butuhkan dan apa saja yang anda inginkan. Anda akan belajar barang apa saja yang memang benar-benar Anda butuhkan barang yang menurut anda cukup menarik saja. Membeli barang-barang yang menurut Anda menarik mungkin akan membahagiakan kedepannya namun barang tersebut bisa saja hanya menumpuk di rumah dan tidak digunakan. Untuk itu sebaiknya gunakan uang anda untuk kebutuhan masa depan seperti tabungan pendidikan anak jaminan kesehatan dan lain-lain.

  • Menghemat Waktu Dan Tenaga

Gaya hidup minimalis artinya anda tidak memerlukan banyak barang yang ternyata bisa menghemat waktu dan tenaga anda. Bisa dibayangkan Jika anda memiliki banyak barang artinya Anda harus memiliki banyak waktu dan juga tenaga untuk merawatnya membersihkannya setiap saat. Dengan gaya hidup minimalis, anda bisa memiliki waktu luang lain untuk quality time istirahat berolahraga membaca buku dan lain lain.

  • Mengurangi Stres

Melihat kehidupan orang lain dan membandingkannya mungkin ini tidak akan ada habisnya. Untuk itu, Anda bisa mengubah gaya hidup minimalis karena anda bisa memiliki rasa untuk selalu lebih dari orang lain. Untuk itu dengan gaya hidup minimalis andapun bisa mengurangi stress karena anda tidak perlu membandingkan hidup dengan orang lain.

Baca juga:

Rincian Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Karyawan

5 Rahasia Efektif Menuju Financial Freedom

  • Kemampuan Untuk Berbagi Dengan Orang Lain

Anda merapikan barang-barang mungkin Anda akan menemukan berbagai barang yang sudah tidak terpakai. Katanya menerapkan gaya hidup minimalis maka barang-barang sudah tidak terpakai tersebut bisa anda donasikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Namun harus diperhatikan bahwa barang-barang tersebut masih layak untuk digunakan.

  • Ramah Lingkungan

Dengan gaya hidup minimalis biasanya lebih mengutamakan kualitas daripada Kuantitas. Anda bisa membeli produk dengan kualitas terbaik dan menggunakan untuk waktu yang lebih lama yang lebih hingga menghasilkan limbah yang tidak ramah lingkungan. 

Dengan terbiasa hidup minimalis, maka ini bisa jadi awal yang baik untuk Anda bijak mengatur keuangan. Hidup sederhana, tidak melebihi kemampuan bisa jadi modal dasar saat Anda memiliki bisnis dan mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis bisa dikelola dengan bijak dan dipakai untuk hal-hal esensial kebutuhan usaha Anda. Termasuk juga disaat Anda mendapatkan modal usaha hingga puluhan juta, maka Anda pun tidak kalap dan mampu mengaturnya dengan baik. 

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis namun kesulitan dalam pendanaannya, solusi yang bijak adalah dengan mengajukan pinjaman modal usaha beragunan di Lancar by Danamas. Fintech lending aman dan berizin OJK ini hadir dengan pinjaman modal bisnis beragunan properti yang bisa didapatkan mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 tahun – 10 tahun. Dapatkan kemudahan pinjaman ini di aplikasi Lancar by Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b