401k

Pernahkah Anda memikirkan rencana pensiun? Ternyata rencana 401k telah berkembang menjadi jenis rencana pensiun yang disponsori oleh majikan yang paling populer di Amerika. Pasalnya jutaan pekerjaan bergantung pada uang yang mereka simpan dalam rencana simpan untuk menyediakan masa pensiun mereka. Simak dalam artikel berikut ini mengenai rencana 401k! 

Apa itu Rencana 401k?

Rencana 401 k merupakan pengaturan yang memungkinkan seorang karyawan memilih antara mengambil kompensasi secara tunai atau menunda persentase tersebut. Jumlah yang ditangguhkan biasanya karena pajak kepada karyawan sampai ditarik atau didistribusikan dari rencana. 

Rencana 401 k adalah jenis rencana pensiun yang dikenal sebagai rencana yang memenuhi syarat, yang diatur dalam Undang -Undang Pengaman Uang Pensiun Karyawan dan pajaknya. Rencana 401 k mengacu pada program pensiun tangguhan pajak dimana karyawan mengalokasikan sebagian dari gaji mereka untuk digunakan sebagai investasi jangka panjang, dan kontribusi tersebut dibuat oleh pemberi kerja namun hanya sampai batas tertentu. 

Jenis Paket 401k

401k

Terdapat berbagai jenis paket 401k yakni:

  1. Paket 401k Tradisional 

Dalam paket ini, baik karyawan maupun pemberi kerja memberikan kontribusi. Namun untuk mencegah terjadinya perputaran karyawan, maka pemberi kerja memiliki opsi untuk membatalkan kontribusi jika karyawan tersebut meninggalkan organisasi sebelum masa kerja yang telah ditentukan. Selain itu kontribusi dibuat untuk semua karyawan tanpa adanya perbedaan.

  1. Paket 401k Mandiri 

Tidak banyak batasan dalam paket 401k mandiri sehubungan dengan opsi investasi, dan karyawan dapat memilih untuk berinvestasi dalam berbagai opsi seperti obligasi, saham dan lain sebagainya.

  1. Paket Safe Harbor 401k 

Pada paket ini, tidak ada opsi yang tersedia bagi majikan untuk kehilangan jumlah jika karyawan tersebut keluar. Pemberi kerja dapat memberikan kontribusi bahkan jika karyawan memutuskan untuk keluar dari rencana tersebut. Terdapat batasan tahunan untuk kontribusi karyawan dan pengusaha diharuskan untuk memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

  1. Paket 401k Bagi Hasil Bertingkat

Pada rencana ini, karyawan diberi penghargaan berdasarkan kinerja yang dilakukan mereka dalam perusahaan. Pemberi kerja mengalokasikan bagi hasil variabel untuk setiap karyawan berdasarkan kinerja yang telah dicapai dari karyawan tersebut terhadap kemajuan atau keberhasilan perusahaan.

  1. Paket 401k Sederhana 

Pada paket ini, kontribusi yang diberikan oleh pemberi kerja dan karyawan tetap sepenuhnya menjadi hak milik. Pemberi kerja memberikan kontribusi sebesar 3% dari gaji semua karyawan, atau memberikan kontribusi non efektif sebesar 2% untuk karyawan yang memenuhi syarat. 

Bagaimana Rencana 401k Bisa Berhasil? 

401k

Dalam beberapa dekade terakhir, rencana 401k menjadi lebih banyak dan pensiun tradisional menjadi semakin langka, karena pemberi kerja atau perusahaan telah mengalihkan tanggung jawab dan risiko menabung untuk masa pensiun kepada karyawan mereka.

Karyawan juga bertanggung jawab untuk memilih investasi spesifik dalam akun 401k mereka. Penawaran tersebut biasanya mencakup macam – macam instrumen seperti saham, reksa dana, obligasi. Karyawan juga mungkin saja mendapatkan kontrak investasi terjamin (GIC) yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dan terkadang saham milik perusahaan tersebut.

cara kerja rencana 401k  tentunya mempengaruhi keberhasilan rencana ini, adapun cara kerja dari 401k adalah:

  • Kontribusi yang dibuat oleh karyawan peserta, dan mereka memutuskan kontribusi apa yang ingin mereka berikan ke dana dengan cara pengurangan gaji. Namun kontribusi maksimum yang dapat diberikan bergantung pada batasan tahunan yang telah ditetapkan oleh IRS (Internal Revenue Services) yakni lembaga pemerintah federal Amerika serikat yang mengumpulkan pajak dan menetapkan hukum pendapatan dalam negeri. 
  • Kontribusi juga dilakukan oleh pemberi kerja terhadap dana tersebut (sponsor rencana), karyawan bebas untuk memutuskan keinginan mereka, investasi yang mereka inginkan dan membuat keputusan sehubungan dengan manajemen investasi. 

Baca juga: Jaminan Pensiun VS Dana Pensiun, Ini Syaratnya

Manfaat atau Kelebihan dari Rencana 401k 

  • Sebagai kontribusi yang berdasarkan pra pajak, artinya perpajakan ditangguhkan hingga penarikan dana.
  • Pemberi kerja memberikan kontribusi yang sesuai dan terkadang menambahkan bagi hasil juga.
  • Perusahaan diharuskan untuk mengungkapkan informasi yang relevan mengenai dana sesuai dengan Undang- Undang yang berlaku. 
  • Kontribusi tidak dihitung dalam pendapatan, dengan demikian tidak meningkatkan tarif pajak slab. 

Meskipun memiliki manfaat, rencana 401k juga memiliki kekurangan yakni: 

  • Dalam keadaan darurat, seorang karyawan dapat menarik sejumlah uang setelah membayar denda 10%  jika penarikan dilakukan sebelum berusia 59,5 tahun.
  • Karyawan diwajibkan untuk menarik dana yang ada dalam rencana mereka setelah mencapai usia 70 tahun.

Sebagai platform financial technology yang telah mendapatkan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan, Lancar by Danamas dapat membantu Anda para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis. Pinjaman beragunan properti mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar dapat Anda ajukan dengan aman, mudah, dan cepat. Anda pun dapat melakukan simulasi perhitungan nilai aset properti  pada fitur yang tersedia. Download segera Lancar by Danamas melalui smartphone Anda, atau silakan kunjungi websitenya untuk mendapatkan informasi seputar pinjaman. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b