tabungan-haji-yang-bagus

Tabungan haji memiliki konsep yang sama dengan tabungan pendidikan ataupun tabungan rencana. Hal yang membedakannya adalah pada tabungan haji, setiap orang biasanya tidak dibebankan biaya provisi. Juga Anda dapat langsung terhubung pada platform pendaftaran haji melalui SISKOHAT Kementrian Agama, jika sudah mencapai jumlah tertentu pada tabungan. Biasanya untuk daftar haji Anda memerlukan minimal Rp25.000.000 sebagai setoran awal untuk mendaftar agar bisa mendapatkan nomor antrian haji. 

Bagi setiap umat muslim wajib menjalankan ibadah haji karena terdapat pada rukun islam yang ke 5 dengan syarat jika umat islam mampu menunaikannya. Alasan tersebut membuat umat islam harus menyiapkan tabungan haji yang bagus guna mendaftar kuota haji setelah mencapai batas tertentu. Berikut kami sajikan daftar tabungan haji yang bagus dikemukakan oleh bank di Indonesia dan cara menghitung berapa biaya yang dibutuhkan.

1. Tabungan Bank Sinarmas Haji

Sejak tahun 2018, Bank Sinarmas telah meluncurkan tabungan Haji yang memfasilitasi tabungan persiapan haji dengan bebas biaya administrasi dan dapat bertransaksi dengan kartu ATM GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Keunggulan dari Bank Sinarmas Haji ini membantu para calon haji untuk disiplin menabung melalui proses autodebet, dengan setoran awal yang ringan sebesar Rp100.000. Anda tidak dikenakan biaya administrasi maupun biaya penutupan rekening. 

Selain itu, tabungan Bank Sinarmas Haji juga membuat produk khusus tabungan haji bagi anak yang berusia dibawah 17 tahun yaitu Tabungan Sinarmas Haji iB. Ini tentu membuat ibadah haji lebih mudah untuk dianggarkan sejak usia dini. Selain menabung di Bank Sinarmas Haji, salah satu layanan Sinarmas group juga hadir untuk membantu Anda menunaikan ibadah lebih mudah dan terjamin yaitu Sinarmas Multifinance Syariah. Kolaborasi Danamas dengan Sinarmas Multifinance Syariah jelas membantu Anda untuk mewujdukan impian dan amal ibadah.

tabungan-mas-haji

klik disini untuk dapatkan layanan konsultasi mewujudkan impianmu penuhi panggilan ibadah dengan menggunakan Mas Haji. Dapatkan porsi antrian terlebih dulu dan maksimalkan peluang haji lebih awal! Danamas bekerjasama dengan Sinarmas Multifinance Syariah untuk memberikan Anda kemudahan langsung mengakses kursi  dengan pembayaran cicilan yang terjangkau.

2.  Tabungan Haji BNI Syariah

Kamu dapat melakukan rencana ibadah haji dengan program yang ditawarkan oleh BNI Syariah yaitu BNI Baitullah IB Hasanah. Adanya program ini dapat memfasilitasi pelanggan untuk memenuhi kewajiban ibadah haji.

Tabungan haji BNI Syariah tidak mengenakan bunga, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan. Selain itu, BNI Syariah memiliki layanan pelanggan yang baik dan bisa dihubungi dengan mudah.

3. Tabungan Haji BCA Syariah

Tabungan haji yang bagus di Indonesia berikutnya berasal dari BCA Syariah, mereka menawarkan program Mabrur IB dengan menetapkan prinsip bagi hasil mutlaqoh mudharabah. 

Jika kamu berminat dengan program tersebut, kamu hanya melakukan setoran awal Rp100.000 dan seterusnya cukup Rp50.000. Dengan menyetor jumlah tersebut setiap bulannya, maka akan di autodebet dari rekening utama dan pastikan disiplin dalam menabung tabungan haji.

4. Tabungan Haji BRI Syariah

Tabungan haji BRI Syariah bisa kamu buka dengan menyetor uang sebesar Rp50.000 dan seterusnya cukup Rp10.000. Selain itu, kamu mendapatkan keuntungan lainnya seperti jaminan kecelakaan, asuransi jiwa, gratis biaya administrasi dan adanya pemotongan zakat.

5. Tabungan Haji BTN Syariah

Tabungan haji yang bagus selanjutnya merupakan tabungan haji dari BTN Syariah, Mereka menawarkan program Batara Haji dan Umrah IB yang menerapkan akad mudharabah mutlaqah. Sehingga, nilai keuntungan dan jumlah kerugian akan dibagi sesuai dengan kesepakatan bersama di awal.

Kamu cukup menyetor saldo minimum sebesar Rp100.000 dan seterusnya Rp100.000 dengan jumlah saldo yang mengendap harus Rp100.000. Setelah itu akan dibagi hasil dari nasabah sebesar 155,5% dan bank 85%.

6. Tabungan Haji Danamon Syariah

Danamon Syariah juga memiliki tabungan haji yang bagus dengan program ditawarkan adalah tabungan rencana haji IB menerapkan ajaran bagi hasil. Sehingga, tabungan hadi bank Danamon Syariah memberikan 20% kepada nasabah dan sisanya diberikan kepada bank.

7. Tabungan Haji Bank Syariah Mandiri

Program Tabungan Mabrur yang ditawarkan oleh Bank Syariah Mandiri menerapkan asas syariah serta akad mudharabah muthlaqah. Kamu cukup menyetor saldo minimum sebesar Rp100.000 dan seterusnya Rp100.000 dengan jumlah saldo yang mengendap harus Rp100.000. Pastikan kamu sudah berusia 17 tahun ke atas dan sudah menjadi nasabah di Bank Syariah Mandiri.

8. Tabungan Haji Muammalat

Program Tabungan IB Hijrah Haji ditawarkan oleh Bank Muammalat yang menerapkan akad Wadi’ah. Program ini tidak memiliki jumlah setoran minimum, biaya penutupan dan bisa mengatur jumlah setoran yang diinginkan.


9. Tabungan Haji CIMB Niaga Syariah

Program yang ditawarkan oleh CIMB Niaga Syariah menerapkan akad Mudharabah muthlaqah dapat menentukan periode waktu tabungan serta jumlah setoran tiap bulannya dan dapat disesuaikan dengan tahun keberangkatan haji. Tabungan ini bisa dilakukan dalam mata uang Rupiah.

Bagaimana cara membuka tabungan haji di CIMB Niaga Syariah ini? Kamu hanya perlu membuka tabungan transaksional CIMB Niaga dan akan di autodebet. Perlu diingat bahwa jangka waktu menabung pada program ini mulai dari 6 bulan sampai 245 bulan dengan jumlah saldo harus terkumpul sekitar Rp2.400.000 dengan minimal per bulannya wajib menyetor Rp100.000.

10. Tabungan Haji Bank Panin Syariah

Program yang ditawarkan oleh Bank Panin Syariah menerapkan akad Wadiah Yad Dhamanah dimana sistem pembagian keuntungan yang didapat bukan dari bagi hasil, tetapi dari bonus.Kamu dapat membuka tabungan ini dengan menyetor awalan Rp500.000 dan seterusnya sebesar Rp100.000 tanpa biaya administrasi.

11. Tabungan Haji Bank Mega Syariah

Tabungan haji yang bagus berikutnya ditawarkan oleh Bank Mega Syariah dengan menerapkan akad mudharabah mutlaqah, dimana dana tidak dapat kamu tarik dengan pengecualian saat melakukan setoran awal dan pelunasan biaya haji. 

Kamu dapat membuka tabungan ini dengan menyetor awalan Rp200.000 dan seterusnya sebesar Rp100.000 tanpa biaya administrasi. Sehingga, Bank Mega Syariah mendapatkan 99% dan untuk nasabah sebesar 1% dari bagi hasil.

12. Tabungan Haji Pegadaian

Tabungan haji yang bagus berikutnya ditawarkan oleh Pegadaian dengan nama Arrumm Haji. Program yang ditawarkan ini memiliki keuntungan bagi nasabahnya yaitu, kamu bisa langsung mendapatkan kepastian nomor porsi. nomor antrian haji, dokumen haji yang dibutuhkan tersimpan aman serta biaya maintenance terjangkau.

Dengan hanya membawa KTP, emas logam mulia sebesar 3-20 gram dan KK, kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan tersebut dari membuka tabungan haji dari pegadaian.

13. Tabungan Haji Bukopin Syariah

Tabungan haji yang bagus berikutnya ditawarkan oleh Bukopin Syariah dengan nama Tabungan iB Baji. Program yang ditawarkan ini menerapkan akad wadi’ah yad dhamanah berupa bank bisa menggunakan dana tersebut serta menjamin kepada nasabah bahwa dana yang ditabung tidak bisa ditarik kembali dengan pengecualian akun rekening ditutup. Kamu dapat membuka tabungan ini dengan menyetor awalan Rp500.000 dan seterusnya sebesar Rp100.000.

14. Tabungan Haji BSI 

Bank Syariah Mandiri (BSI) menawarkan produk tabungan haji yang dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan ibadah haji. Produk ini menerapkan akad Wadiah dan Mudharabah dengan biaya administrasi gratis.

Faktor dan Cara Menghitung Biaya Tabungan Haji

Tabungan Haji setiap bulan tinggi rendahnya biaya yang harus Anda setor bergantung dengan jenis haji dan fasilitas yang Anda terima selama Haji berlangsung. Ini bergantung pada paket yang disediakan. Biasanya dari Bank memberikan adanya perlindungan ataupun asuransi untuk melindungi Anda. Untuk mengetahui berapa tabungan haji yang dapat diterima setiap bulan, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan seperti:

  1. Biaya Haji: Biaya haji adalah faktor utama yang mempengaruhi jumlah tabungan haji yang harus diterima setiap bulan. Jika biaya haji lebih tinggi, maka jumlah tabungan haji yang harus diterima setiap bulan akan lebih tinggi. Biaya haji setiap tahunnya bergantung pada keputusan Menteri Agama. Biaya dapat berubah bergantung dengan inflasi terhadap tiket hingga biaya akomodasi  pulang pergi ke tanah suci Arab. 
  2. Durasi Tabungan: Durasi tabungan harus dipikirkan juga dalam menentukan jumlah tabungan haji setiap bulan. Semakin cepat waktu yang ditentukan untuk tabungan, maka jumlah tabungan yang harus diterima setiap bulan akan lebih tinggi.


Untuk menghitung jumlah tabungan haji setiap bulan, bisa dilakukan dengan membagi total biaya haji dengan jumlah bulan dalam durasi tabungan yang ditentukan. Misalnya, jika biaya haji adalah Rp 40.000.000 dan durasi tabungan adalah 60 bulan, maka jumlah tabungan haji setiap bulan adalah Rp 666.666 dan kelipatannya. Untuk informasi lanjutan, harga tabungan haji meningkat seiring dengan adanya peningkatan harga haji yang ditetapkan dan inflasi yang ada dalam perekonomian. Jadi semakin cepat Anda memenuhi angsuran minimal maka semakin cepat Anda bisa mendaftar untuk mengikuti keberangkatan haji. 

Tunaikan Ibadah dengan Kesiapan Finansial Sejak Awal! 

Tetap berhati-hati dan membandingkan beberapa pilihan sebelum memutuskan untuk membuka tabungan haji. Selalu berkonsultasi dengan profesional keuangan atau pakar haji untuk memastikan keputusan yang tepat. Urusan tabungan haji tentu saja Anda tahu yang terbaik! 

Atur sebaik mungkin kesiapan finansial Anda sedari awal, hindari hal-hal yang bisa meningkatkan hutang berlebih bagi finansial Anda. Jangan terbiasa menumpuk hutang, karena bunganya jelas semakin waktu akan mempersulit keuangan dan tabungan Anda. Dapatkan solusi pinjaman online terpercaya dengan bunga rendah yang sudah terveirifikasi dan dipercaya oleh OJK. Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected], Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002 atau kunjung Instagram Danamas untuk informasi lebih up to date mengenai keuangan.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b