Pinjaman-online-resmi

Saat ini, pinjaman online resmi dan fintech lending banyak bermunculan untuk menawarkan berbagai dana untuk kebutuhan dan keinginan anda. Kebutuhan dana yang cepat dan mendesak, adalah alasan semakin banyaknya muncul jasa peminjaman uang.

Peminjaman uang secara mendesak dapat dilakukan dengan beberapa bantuan, contohnya meminjam dari kerabat,menggadai beberapa barang berharga, pinjaman online. Peminjaman dapat dihindari dengan mengelola uang dengan baik dan menggunakannya dengan seperlunya karena suatu saat dapat terjadi hal-hal yang tidak kita ketahui.

Agar lebih aman, maka per 6 Oktober 2021 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis penyelenggara pinjaman online legal atau pinjaman online resmi. Ada beberapa yang sudah mengantongi izin resmi dan ada beberapa juga yang masih berstatus terdaftar.Ā 

Sebenarnya melakukan pinjaman online bisa sangat aman selama anda memilih pinjaman online resmi yang berisi OJK namun sebelum itu simak dulu sebenarnya apa itu pinjaman online resmi dan ilegal berikut ini.

Apa Itu Pinjaman Online?

Pinjaman online artinya suatu pinjaman yang bisa diajukan lewat aplikasi secara online. Aplikasi ini merupakan salah satu inovasi teknologi di bidang finansial sehingga sering juga disebut sebagai financial technology atau fintech. 

Adanya teknologi ini tentu bisa mempermudah proses pinjam meminjam uang yang dulu lebih cukup kompleks prosesnya, sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun setelah dengan adanya fintech, Anda bisa mengajukan kredit dengan mudah juga cepat.

3 Jenis Pinjaman Online

pinjaman online resmi

Ada beberapa pinjaman online yang dikenal oleh masyarakat, Anda bisa memilih salah satunya untuk mengajukan pinjaman online.

1. Dana Tunai

Dana tunai umumnya dimanfaatkan untuk berbagai kondisi keuangan seperti keadaan darurat hingga kebutuhan konsumtif. Dana tunai akan langsung cair ke rekening bank peminjam tanpa perlu repot-repot melalui proses yang panjang, maka peminjam bisa langsung menggunakannya saat mereka membutuhkan. Umumnya proses peminjaman dana tunai ini berlangsung kurang dari 24 jam. dengan kemudahan ini maka anda bisa langsung menggunakan uangnya tanpa perlu menunggu waktu lama.

2. Pinjaman Usaha

Jika dahulu kita cukup membutuhkan waktu yang sangat lama dan proses yang panjang untuk bisa meminjam sejumlah dana ke bank untuk modal usaha, maka dengan adanya aplikasi pinjaman online resmi, Anda bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman modal usaha seperti di Lancar by Danamas.

Terdapat tiga jenis pinjaman online yang dikhususkan bagi pelaku usaha antara lain:

  • Invoice financing: Jenis tagihan ini berfungsi sebagai sumber pembiayaan di mana nilai plafon pinjaman disesuaikan dengan besaran yang lain. Invoice dengan maksimal 80% dari nilai tagihan dengan plafon 2 miliar.
  • Usaha online: ditunjukkan untuk pelaku usaha online di semua platform hanya menunjukkan KTP dan rekening koran, lalu pengusaha online perorangan bisa mengajukan pinjaman dengan mudah.
  • Kredit modal kerja: pinjaman ini berguna untuk kebutuhan modal kerja pelaku usaha yang sedang mengembangkan bisnisnya. Besarnya perputaran bisnis ini menjadi faktor penilaian utama diterima atau tidaknya pengajuan kredit modal kerja.

3. P2P Lending

Jenis pinjaman online resmi yang cukup populer lainnya adalah P2P (peer to peer) Lending. Berdasarkan peraturan OJK nomor 77/POJK.01/2016, P2P lending adalah layanan pinjaman meminjam uang yang melibatkan kreditur (pemberi pinjaman) dan debitur (penerima pinjaman) dengan mengandalkan teknologi informasi lewat marketplace.

Anda bisa mendanai atau mengajukan pinjaman kepada orang lain tanpa kehadiran bank atau lembaga finansial sebagai perantara. Disana akan mempertemukan kreditur dan debitur dengan mengedepankan berbagai manfaat hingga imbal hasil terbaik bagi pemberi pinjaman dan pinjaman bunga kompetitif untuk peminjam.

5 Manfaat Pinjaman OnlineĀ 

pinjaman online resmi

1. Dana Diproses Dengan Cepat

Dengan pinjaman online anda tidak membutuhkan waktu yang cukup lama agar dana bisa cair. Umumnya aplikasi pinjaman online resmi memberikan persetujuan pinjaman yang bisa diajukan dalam kurun waktu kurang dari 24 jam saja. Jika dibandingkan dengan bank konvensional maka prosesnya tentu ini lebih cepat berbeda dengan Bank yang membutuhkan waktu bisa hingga 2 minggu.

2. Persyaratan Pinjaman Mudah & Praktis

Jika anda mengajukan ke bank mungkin anda akan syarat kan oleh beberapa dokumen sebagai syarat peminjaman. Berbeda dengan pinjaman online yang hanya membutuhkan KTP dan foto diri Anda. Untuk syarat lainnya biasanya tergantung dari kebijakan masing-masing pinjaman online resmi.

3. Online Dan Tak Perlu Tatap Muka

Sebagai pinjaman online resmi tentu anda bisa mengajukannya lewat online sehingga pada proses pendaftaran pengajuan hingga persetujuan anda tidak perlu langsung bertatap muka atau ke kantornya. Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman kapan saja dan di mana saja lewat aplikasi pinjaman online resmi.

4. Pinjaman yang Fleksibel

Pada pinjaman online cenderung pendek namun setiap pinjaman online resmi memiliki kebijakan atau persyaratan yang masing-masing ada yang memiliki tenor minimal 1 tahun bahkan maksimal 10 tahun seperti lancar by Danamas. Opsi tenor ini tentu akan mempermudah Anda sehingga Anda bisa mengukur seberapa mampunya anda membayar cicilan dari pinjaman tersebut.

5. Pinjam Tanpa Jaminan Atau Kartu Kredit

Dengan adanya aplikasi pinjaman online resmi maka ini bisa memberikan manfaat bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit. Maka, siapapun bisa melakukan pinjaman online tanpa persyaratan yang yang banyak.

Manfaat fintech lending tersebut bisa Anda dapatkan di Lancar by Danamas. Dengan akses yang mudah dan kapan saja bisa Anda lakukan pinjaman modal usaha hingga Rp 2 miliar lewat aplikasi Lancar by Danamas. Hadirnya Lancar by Danamas sebagai fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK tentu memberikan angin segar bagi para umkm di Indonesia. 

Perbedaan Pinjaman Online Dan Fintech Lending

pinjaman online resmi

Apa Itu Fintech? Aplikasi fintech dan pinjaman online atau pinjol memiliki perbedaan. Seperti yang dikutip di halaman Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI),  fintech adalah layanan jasa keuangan yang memanfaatkan teknologi sebagai basis operasionalnya. Bisa dikatakan bahwa fintech adalah salah satu segmen dalam bidang start up.

Menurut Bank Indonesia, fintech adalah model bisnis yang memadukan jasa keuangan dan teknologi yang canggih. Dari pernyataan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa fintech itu berkaitan dengan teknologi dan keuangan. 

Tujuan dari fintech adalah agar bisa memaksimalkan layanan jasa keuangan dengan memanfaatkan teknologi yang mutakhir untuk mempermudah dan memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat. Ada berbagai jasa keuangan dari platform fintech seperti transaksi komersial, pendanaan bisnis, transfer dana hingga pengelolaan aset. Semua layanan ini dilakukan untuk memanfaatkan teknologi yang merupakan bagian dari fintech.

5 Jenis Fintech

Ada beberapa jenis-jenis Finetech yang Anda perlu ketahui.Yuk simak!

1. Payment Kliring dan Settlement

Layanan transaksi pembayaran ini memanfaatkan teknologi seperti dompet digital.

2. Sekuritas

Sekuritas melayani berbagai kebutuhan investasi dengan menggunakan teknologi.

3. Agregator

Aggregator adalah pihak yang memberikan layanan berupa data yang nantinya dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengambil keputusan. Seperti contoh, aggregator yang menyediakan komparasi antara produk kartu kredit sehingga orang dapat melihat plus minus nya masing-masing.

4. Crowdfunding

Crowdfunding umumnya dimanfaatkan untuk menggalang dana dari banyak orang.

5. Peer To Peer Lending

Platform digital fintech yang satu ini bisa mempertemukan pemilik dan peminjam dana dalam satu tempat pinjaman online dan p2p lending memiliki ā€œaturan mainā€ yang cukup berbeda, untuk itu keduanya tidak bisa disamakan.

Kenali Ciri-Ciri Fintech Lending Ilegal Dan Legal

OJK sudah menjelaskan bahwa masyarakat perlu membedakan fintech lending ilegal dan legal sehingga kedepannya masyarakat bisa tetap meminjam dana dengan aman.

10 Ciri-Ciri Fintech Ilegal

1. Tidak memiliki izin resmi

2. Tidak ada identitas pengurus dan alamat kantor yang jelas

3. Pemberian pinjaman super mudah

4. Informasi bunga dan biaya juga denda tidak jelas

5. Bunga dan biaya pinjaman tidak terbatas

6. Informasi tentang dana pengembalian yang termasuk denda pun tidak terbatas

7. Tidak adanya batas waktu penagihan

8. Seluruh data yang ada di smartphone anda bisa diakses

9. Adanya ancaman kekerasan penghinaan pencemaran nama baik hingga menyebarkan foto hingga video pribadi anda

10. Tidak ada layanan pengaduan

10 Ciri-ciri Fintech Lending Legal

1. Terdaftar dan diawasi OJK

2. Identitas pengurus dan alamat kantor jelas

3. Pemberian pinjaman diseleksi cukup ketat

4. Informasi biaya pinjaman dan denda cukup transparan

5. Total biaya pinjaman atau bunga 0,05% sampai dengan 0,8% perhari

6. Maksimal pengembalian termasuk denda 100% dari pinjaman pokok. Jika pinjam 1 juta

7. maka maksimal jumlah yang dikembalikan adalah 2 juta

8. Akses yang bisa didapat adalah kamera, mikrofon, dan lokasi. Akses pribadi seperti kontak, berkas, gambar, dan Informasi pribadi lainnya dilarang.

9. Resiko peminjam yang tidak melunasi setelah batas waktu 90 hari akan masuk ke daftar hitam atau blacklist dari pusat data fintech lending (pusdafil). Pusdafil memiliki banyak informasi tentang pinjaman bermasalah dari pengguna dengan pinjaman bermasalah pada penyelenggara fintech lending yang sudah terdaftar atau berizin di OJK.

10. Adanya layanan pengaduan konsumenĀ 

7 Hal Penting Sebelum Melakukan Pinjaman Online Resmi

Sebelum melakukan pinjaman Anda harus mempertimbangkan beberapa hal ini. Jangan sampai saat melakukan pinjaman online di tempat yang ilegal. Juga ada beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum meminjam. Yuk simak!

1. Pinjam di perusahaan fintech yang sudah terdaftar dan berizin di OJK.

2. Pinjam untuk kebutuhan produktif atau bisnis.

3. Pinjam uang maksimal 30% dari gaji atau penghasilan agar tidak memberatkan kondisi finansial anda.

4. Melunasi cicilan tepat waktu agar terhindar dari denda

5. Jangan meminjam fintech lending untuk ā€œGali Lobang Tutup Lobangā€ atau untuk membayar pinjol lain sehingga sebaiknya jadikan pembayaran cicilan anda sebagai prioritas utama setelah menerima gaji.

6. Cek bunga dan denda hingga biaya lain sebelum meminjam

7. Baca dengan teliti kontrak perjanjian termasuk syarat dan ketentuan hingga pasal-pasalnya.

Pinjaman Aman, Mudah dan Terpercaya di Lancar by Danamas

Jangan salah dalam melakukan pinjaman online. Saat ini mulai bermunculan pinjol ilegal yang dapat merugikan Anda. Maka dari itu, Anda perlu menyeleksi tempat peminjaman yang akan Anda pilih. Pastikan tempat pinjaman tersebut aman dan sudah memiliki izin OJK. Jika Anda ingin melakukan pinjaman online Lancar by Danamas solusi yang tepat bagi Anda.

Lancar by Danamas hadir dengan solusi bisnis Anda lewat pinjaman beragunan properti hingga Rp 2 milliar yang memiliki tenor mulai dari 1 tahun ā€“ 10 tahun untuk siapa saja. Akses aplikasinya dan ajukan pinjaman lebih mudah lewat aplikasi Lancar by Danamas di Play store & App store. Ayo jangan ragu lagi untuk pinjam modal usaha di Lancar by Danamas sekarang juga!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b