manajemen properti

Bagi Anda yang yang ingin berbisnis dalam bidang properti maka akan ada banyak hal yang perlu anda pelajari salah satunya adalah manajemen properti. Dengan manajemen properti maka anda akan dilatih untuk mampu mengelola sumberdaya termasuk properti yang anda miliki untuk bisa dijadikan aset yang menguntungkan bagi anda. Berikut penjelasan tentang manajemen properti yang bisa anda Simak berikut ini.

Apa Itu Manajemen Properti

Manajemen properti adalah sebuah kegiatan pengelolaan dan pengawasan aset properti seperti real estate perumahan industri maupun komersial yang dilakukan oleh kontraktor dan atau pihak ketiga. Sebagai seorang manajer properti Ia memiliki tanggung jawab atas kegiatan perbaikan hingga pemeliharaan keamanan properti yang berkelanjutan sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan dan pemilik properti. Selain itu orang yang memiliki properti juga akan bekerja bagi para pemilik properti seperti bangunan apartemen komplek perumahan kos-kosan Kondominium pusat perbelanjaan dan lain-lain.

Apa Tujuan Manajemen Properti

Tujuan utama dari manajemen properti antara lain:

  • Mengelola properti sebagai sebuah investasi atau bisnis yaitu dengan melakukan beberapa kegiatan pengelolaan properti yang bertujuan untuk memaksimalkan pendapatan dan modal investor.
  • Mengelola dan melaksanakan berbagai aspek fisik secara efisien dan efektif yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan biaya seminimal mungkin.
  • Mempersiapkan dan membuat kontrak manajemen
  • Memelihara dan mengelola bangunan
  • Melakukan penawaran dan negosiasi harga sewa
  • Mengatur sistem administrasi dan keuangan
  • Mengatur sistem penagihan dan pengelolaan uang sewa
  • Mengatur sistem administrasi dan keuangan 

 Ruang Lingkup Manajemen Properti

  •  Mengelola Properti Sebagai Sebuah Investasi

Ada berbagai indikator yang bisa anda perhatikan dalam mencapai tujuan manajemen properti agar bisa menjadi sebuah investasi yang menguntungkan. Hal tersebut seperti contoh total modal investasi total aset disewakan, prediksi harga jual dan beli properti, biaya operasional, tingkat penjualan dan lain-lain. Maka dengan adanya manajemen properti diharapkan investasi bisa memiliki kinerja yang cukup baik, seperti:

  • Tingkat pengembalian hasil intern dan internal Rate Of Return IRR
  • Nilai bersih saat ini atau net present value NPV
  • Indikator penilaian investasi yang bisa memperlihatkan kinerja dari investasi properti
  • Periode pengembalian investasi
  • Mengelola Properti Sebagai Bisnis Atau Usaha

Dengan manajemen properti yang baik maka anda bisa memasarkan properti yang dikelola untuk mendapatkan penawaran terbaik, memelihara properti yang dititipkan, menagih biaya sewa dan pelayanan, memonitor setiap nilai aset properti yang dikelola, mengelola keuangan dan melaporkannya, memahami pentingnya komunikasi dan informasi, sehingga melengkapi sarana dan fasilitas yang dibutuhkan.Dengan pengelolaan properti yang baik untuk bisnis, maka Anda pun semakin siap untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen. Lengkapi strategi pengelolaan properti untuk bisnis lewat modal yang cukup sehingga Anda semakin siap untuk memasarkan properti Anda. Salah satu fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK adalah Lancar by Danamas. Pinjaman agunan properti dari Lancar by Danamas bisa jadi solusi untuk modal usaha hingga Rp 2 miliar.

  • Strategi Optimalisasi Manajemen Properti

Strategi ini untuk mengoptimalkan manajemen properti sehingga memaksimalkan bisnis properti anda maka ada beberapa strategi yang perlu Anda lakukan dalam hal manajemen properti antara lain.

  • Kenali Calon Penyewa / Pembeli Properti

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyaring penyewa atau pembeli properti agar anda menemukan target market yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Untuk itu anda perlu mengenal calon penghuni property baik dari latar belakang seperti pekerjaannya pendapatan dan lain-lain. Untuk menghindari prospek yang kurang berkualitas maka sebaiknya Anda mendeskripsikan kriteria penyewa properti yang diharapkan saat Anda mempromosikan properti anda.

  •  Tingkatkan Kualitas Agen Manajemen Properti

Untuk bisa meningkatkan kualitas agent property Anda maka anda perlu mengoptimalkan manajemen properti. Agen properti Anda harus benar-benar memahami properti yang ingin anda jual dan juga bertindak sebagai konsultan bagi Calon Penghuni properti. 

  • Optimalkan Konten Situs Website Anda

Sebelum Anda memutuskan untuk menemui agen properti maka sebaiknya Anda harus mengecek properti Anda terlebih dahulu melalui situs website. Dari sini calon konsumen akan melihat apakah bisnis Anda benar-benar percaya dan layak untuk disewakan atau dibeli. Agar menarik penyewa maka anda bisa membuat situs website seinformatif mungkin dan semenarik mungkin dengan gambar-gambar yang berkualitas baik. Jangan lupa juga berikan tampilan ulasan dari para penghuni properti anda untuk meningkatkan kepercayaan bagi calon konsumen.

Baca juga: Tips Investasi Properti Apartment & Untung Ruginya

  •  Gunakan Sistem Manajemen Properti Otomatis

Hal lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan sistem manajemen properti otomatis yang bisa anda dapatkan dari berbagai software tentang manajemen properti. Software manajemen properti memungkinkan anda untuk mendapatkan akses yang lebih cepat dengan informasi yang lengkap tentang bisnis properti anda. Dengan sistem ini maka anda bisa menyimpan semua salinan kontrak dengan penyewa, penyewa mengecek ketersediaan properti, pengelola anggaran dan biaya, dan mengelola pembayaran. Anda akan menghemat banyak waktu tenaga dan biaya. 

  • Tingkatkan Keamanan Dan Kenyamanan Properti Anda

Agar penyewa bisa nyaman dan betah maka hal yang bisa anda lakukan adalah dengan meningkatkan keamanan kenyamanan properti anda. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin kepada semua ruangan dan perabotan.

Dengan memahami manajemen properti ini, maka Anda bisa dengan mudah berbisnis properti seperti rumah, apartment, dll. Pahami definisi dan tujuan tersebut untuk bisnis yang lebih mudah.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

rincian-biaya-haji-2-orang

[2024] Rincian Biaya Haji Naik Untuk 2 Orang & Syarat Naik Haji

Biaya haji tahun 2024 saat ini sementara diupayakan untuk mengalami penurunan dibandingkan dengan biaya haji tahun 2023 yang mengalami signifikansi kenaikan. Ada beberapa skem

gaya-hidup-minimalis

15 Seni Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Jepang

Hidup minimalis ini menjadi trend di kalangan anak muda. Seperti sebuah filosofi yaitu life is more di mana mencontohkan seni hidup minimalis dan sederhana yang ternyata memil