gaya-hidup-minimalis

Hidup minimalis ini menjadi trend di kalangan anak muda. Seperti sebuah filosofi yaitu life is more di mana mencontohkan seni hidup minimalis dan sederhana yang ternyata memiliki banyak manfaat. Gaya hidup minimalis ini bisa tercermin dari berbagai aktivitas sehari-hari yang memberikan dampak positif untuk hidup sederhana namun tetap menikmati hidup.Seperti halnya saat kita hidup di kota besar di mana akan ada banyak sekali faktor yang membuat kita selalu ingin mengikuti trend atau FOMO. 

Biaya hidup di kota Jakarta juga menjadi salah satu alasan kenapa penting sekali untuk melakukan gaya hidup minimalis sehingga Anda pun tetap memiliki finansial yang stabil tanpa harus mengikuti trend yang sedang berlaku. Salah satu penulis yang sangat inspiratif berasal dari Jepang yaitu Fumio Sasaki dalam bukunya berjudul “Good Bye, Things – Hidup Minimalis Ala Orang Jepang” ternyata cukup memberikan gambaran bagaimana gaya hidup minimalis Jepang bisa menjauhkan kita dalam pola hidup yang konsumtif.

Saat Anda memilih untuk menjalani gaya hidup minimalis ala orang Jepang maka anda pun tidak lagi memikirkan selalu mengikuti trend yang sedang happening saat ini. Untuk itu tidak ada salahnya memulai kebiasaan baru yaitu gaya hidup minimalis ala Jepang yang mungkin bisa jadi perubahan terbesar dalam hidup anda tahun ini. Berikut gaya hidup minimalis ala Jepang yang bisa anda contoh. 

Apa Itu Gaya Hidup Minimalis?

Gaya hidup minimalis adalah hidup yang berfokuskan pada minimal gangguan yang bisa menghalangi anda untuk melakukan hal-hal yang penting. Menurut Joshua becker, seorang penulis buku becoming minimalist, minimalis adalah hal-hal yang membuat Anda bahagia dan menghilangkan hal-hal yang tidak membuat anda bahagia, secara sederhana ini bisa dikatakan adalah hidup sederhana. Slogan yang cukup populer untuk menyandingkan konsep minimalis adalah less is more.

Pada kenyataannya, minimalis tak hanya terbatas pada barang saja, minimalis juga bisa melalui fashion, internet, yang sering digunakan dalam istilah digital minimalis. Hidup minimalis ini sifatnya sangat personal atau individual sehingga mungkin saat penerapannya cukup berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

15 Seni Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Jepang 

Jepang adalah negara yang menerapkan pola hidup minimalis di mana orang-orang Jepang lebih terbiasa dengan hidup yang sederhana dengan mengurangi barang yang mereka miliki. Mereka menjalani hidup dengan memikirkan pengeluaran yang seperlunya saja selain itu mereka hanya membeli barang-barang yang memang mereka butuhkan untuk kehidupan sehari-hari dalam menunjang aktivitasnya. Hal ini mungkin akan sulit untuk beberapa orang namun tidak ada salahnya untuk mencoba menjalani gaya hidup minimalis dan mengurangi pola hidup konsumtif. Berikut 15 seni gaya hidup minimalis ala orang Jepang yang bisa Anda coba.

1. Hidup Rapi

Merapikan adalah tentang mengatur segala sesuatu hal menjadi lebih tertata. Anda bisa membedakan mana barang yang masih bisa dipakai atau barang yang sudah jarang dan tidak dipakai lagi. Anda juga bisa menyimpan barang-barang yang masih sering digunakan sementara barang-barang yang sudah rusak dipilah lalu Anda bisa sumbangkan atau jual. Jika anda masih ragu, maka Anda bisa menggunakan metode 90/90 saat melakukan pembersihan. Metode ini memungkinkan anda untuk menjawab pertanyaan seperti apakah barang tersebut, masih anda gunakan 90 hari terakhir atau apakah Anda masih menggunakan barang tersebut untuk 90 hari kedepan? Jika jawabannya tidak maka artinya anda tidak membutuhkan barang tersebut lagi.

2. Bersihkan Rumah Secara Teratur

Untuk menjaga semua barang tetap rapi, anda pun juga harus membersihkan rumah secara teratur. Hal ini bisa membantu anda untuk memastikan Apakah ada barang-barang yang diinginkan atau menumpuk dan anda pun bisa segera cepat mengurangi barang-barang yang tidak dibutuhkan kembali.

3. Belanja Sesuai Kebutuhan

Ini artinya Anda membeli barang sesuai dengan kebutuhan tanpa perlu menambah lain yang ternyata tidak ada butuhkan di kemudian hari. terkadang kita bisa terkecoh karena barang tersebut tampak lucu Namun ternyata kurang memiliki fitur atau manfaat di kemudian hari bagi kebutuhan kita.

4. Pilih Kualitas Daripada Kuantitas

Saat menggunakan produk dalam jangka waktu yang lama anda perlu membeli produk yang berkualitas sehingga Anda tidak perlu membeli barang tersebut kembali dalam jangka waktu pendek.

5. Kurangi Keterikatan Emosional Pada Barang

Beberapa orang memiliki keterikatan emosional pada barang seperti anda sulit lepas atau tidak ingin menjual barang tersebut karena memiliki memori yang sangat mudah, padahal barang tersebut sudah tidak terpakai lagi dan hanya menumpuk di gudang. Untuk itu cobalah mengurangi perasaan emosional terhadap sebuah barang.

6. Atur Isi Lemari

Lemari adalah salah satu tempat di mana anda memiliki banyak sekali yang sering dipakai atau tidak pernah dipakai sama sekali. Cek pakaian anda dan mulailah pilih beberapa pakaian yang dipakai dibuang atau ingin disumbangkan.

7. Terapkan Prinsip Pergantian Bukan Penambahan

Mungkin anda bisa membeli barang baru anda perlu memikirkan apakah barang itu akan menambah banyak barang lainnya di rumah atau menggantikan fungsi barang yang ada di rumah. Seperti contoh saat anda ingin membeli sepatu baru maka pastikan bahwa sepatu tersebut menggantikan untuk sepatu lain yang memang sudah rusak, sehingga Anda tidak perlu memiliki banyak sepatu yang ternyata tidak semua sepatu tersebut digunakan sehari-hari. 

8. Memiliki Pakaian Secukupnya

Saat Anda berencana untuk melakukan gaya hidup minimalis ala orang Jepang maka anda tidak perlu lagi memiliki pakaian yang terlalu banyak. Umumnya orang Jepang hanya memiliki pakaian yang hanya dipakai untuk bekerja dan beraktivitas sehari-hari saja. Cobalah kurangi jumlah pakaian yang tidak anda perlukan lagi untuk menjalani hidup minimalis ala orang Jepang. Dengan cara ini Anda juga bisa terhindar dari pola hidup yang konsumtif.

9. Kurangi Perabotan Rumah

Jika anda melihat video orang rumah orang Jepang maka anda akan melihat bahwa beberapa rumah orang Jepang memiliki nuansa yang lebih lega karena hanya memiliki sedikit perabotan. Mereka hanya memiliki perabotan yang memang benar-benar digunakan saja sehingga mereka tidak akan membeli perabotan rumah yang tidak dibutuhkan. Dengan mengurangi perabotan rumah juga bisa menghemat waktu dan tenaga saat membersihkan rumah.

10. Tidak Tergiur Dengan Harga Diskon 

Harga diskon, siapa yang tidak ingin memiliki barang yang sedang dijual dengan harga diskon. Nyatanya tergiur dengan harga diskon bisa membuat diri kita menjadi lebih konsumtif. Terkadang barang yang dijual dengan harga diskon mungkin bukan barang yang benar-benar anda butuhkan Namun karena dijual dengan harga murah Anda pun rela untuk membelinya. Sebaiknya Anda menghindari kebiasaan ini untuk bisa menjalani gaya hidup minimalis ala orang Jepang. cukup beli barang yang memang benar-benar Anda butuhkan saja.

11. Miliki Banyak Tabungan

Saat anda ingin menjalankan gaya hidup minimalis tentu mengeluarkan pengeluaran akan juga berkurang maka dari itu Anda bisa menyisihkan penghasilan dengan menabung sehingga uang tersebut pun akan lebih bermanfaat. Anda perlu memiliki tabungan khusus yang tidak digabungkan dengan pengeluaran sehari-hari yang dibutuhkan. hal ini juga menjadi kunci orang Jepang saat menabung dan menerapkan gaya hidup minimalis.

12. Merawat Barang Yang Anda Miliki

Saat anda memiliki barang sebaiknya imbangi juga dengan perawatan. Anda mungkin bisa membeli semua barang yang diinginkan namun tidak semua orang bisa melakukan perawatan. Dengan merawat barang yang anda butuhkan atau yang anda miliki maka anda memperpanjang usia barang tersebut. rajinlah untuk merawat barang-barang yang lama walaupun terkesan lawas namun jika dirawat dengan baik maka bisa memiliki nilai ekonomis yang berguna.

13. Beli Barang Dengan Warna Polos Atau Netral

Anda ingin membeli barang maka hindari warna-warna yang mencolok maka Pilihlah warna-warna netral atau polos. Warna Netral bisa dikombinasikan dengan warna lainnya dan tetap terlihat lebih modis dan terkesan simple. Jika anda perhatikan orang Jepang senang dengan tampilan yang sederhana sehingga hal ini akan membuatnya lebih terlihat timeless atau kekal.

14. Tidur Futon Atau Alas Tidur Tradisional Jepang

Jika anda sering menonton drama Jepang ataupun film anime maka anda akan melihat bahwa orang Jepang lebih sering tidur menggunakan alat kasur tidur tradisional Jepang atau biasa yang disebut dengan foton. Hal ini tentu berbeda dengan orang Indonesia di mana lebih memilih kasur pegas atau spring bed bahkan ranjang kayu. uniknya Buton ini terbilang cukup efisien dan murah di mana bisa dilipat dan diletakkan di lemari. Orang Jepang tidak akan menghabiskan uang untuk membeli kasur empuk yang mahal karena mereka lebih memilih untuk mewariskan warisan leluhurnya yaitu menggunakan button yang bisa memenuhi syarat kesehatan dan juga hemat.

15. Meminimalisir Perlengkapan Makan Dan Minum 

Gaya hidup minimalis Jepang juga kerap terlihat dari meminimalisir perlengkapan makan dan minum. Pasalnya orang Jepang lebih membutuhkan perlengkapan yang mereka gunakan saja dalam sehari-hari. Hal ini juga tentu akan memudahkan anda dalam perawatan sehingga lebih hemat dan tidak perlu membutuhkan banyak peralatan makan sehingga bingung untuk menyimpannya. 

Manfaat Hidup Minimalis ala Jepang

Di balik gaya hidup minimalis ala Jepang ada banyak sekali manfaat yang pastinya akan Anda rasakan di kemudian hari. manfaat gaya hidup minimalis ala Jepang ini pasti akan berpengaruh kepada sisi finansial hingga pola pikir anda yang ikut berubah. Maka dari itu terapkan gaya hidup minimalis ala Jepang ini di dalam kehidupan anda dan lihat bagaimana hal ini bisa merubah kebiasaan Anda kedepannya. 

1. Sehat Secara Finansial 

Minimalis membantu anda untuk memahami apa saja yang anda butuhkan dan apa saja yang anda inginkan. Anda akan belajar barang apa saja yang memang benar-benar Anda butuhkan barang yang menurut anda cukup menarik saja. Membeli barang-barang yang menurut Anda menarik mungkin akan membahagiakan kedepannya namun barang tersebut bisa saja hanya menumpuk di rumah dan tidak digunakan. Untuk itu sebaiknya gunakan uang anda untuk kebutuhan masa depan seperti tabungan pendidikan anak jaminan kesehatan dan lain-lain.

2. Menghemat Waktu Dan Tenaga

Gaya hidup minimalis artinya anda tidak memerlukan banyak barang yang ternyata bisa menghemat waktu dan tenaga anda. Bisa dibayangkan Jika anda memiliki banyak barang artinya Anda harus memiliki banyak waktu dan juga tenaga untuk merawatnya membersihkannya setiap saat. Dengan gaya hidup minimalis, anda bisa memiliki waktu luang lain untuk quality time istirahat berolahraga membaca buku dan lain lain.

3. Mengurangi Stres

Melihat kehidupan orang lain dan membandingkannya mungkin ini tidak akan ada habisnya. Untuk itu, Anda bisa mengubah gaya hidup minimalis karena anda bisa memiliki rasa untuk selalu lebih dari orang lain. Untuk itu dengan gaya hidup minimalis andapun bisa mengurangi stress karena anda tidak perlu membandingkan hidup dengan orang lain.

4. Kemampuan Untuk Berbagi Dengan Orang Lain

Anda merapikan barang-barang mungkin Anda akan menemukan berbagai barang yang sudah tidak terpakai. Katanya menerapkan gaya hidup minimalis maka barang-barang sudah tidak terpakai tersebut bisa anda donasikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Namun harus diperhatikan bahwa barang-barang tersebut masih layak untuk digunakan.

5. Ramah Lingkungan

Dengan gaya hidup minimalis biasanya lebih mengutamakan kualitas daripada Kuantitas. Anda bisa membeli produk dengan kualitas terbaik dan menggunakan untuk waktu yang lebih lama yang lebih hingga menghasilkan limbah yang tidak ramah lingkungan. 

Dengan terbiasa hidup minimalis, maka ini bisa jadi awal yang baik untuk Anda bijak mengatur keuangan. Hidup sederhana, tidak melebihi kemampuan bisa jadi modal dasar saat Anda memiliki bisnis dan mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis bisa dikelola dengan bijak dan dipakai untuk hal-hal esensial kebutuhan usaha Anda. Termasuk juga disaat Anda mendapatkan modal usaha hingga puluhan juta, maka Anda pun tidak kalap dan mampu mengaturnya dengan baik. 

Bisnis Berkembang lewat Pilihan Tepat!

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis namun kesulitan dalam pendanaannya, solusi yang bijak adalah dengan mengajukan pinjaman online bunga rendah di Danamas. Fintech lending aman dan berizin OJK ini hadir dengan pinjaman modal bisnis beragunan properti yang bisa didapatkan mulai hingga Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 tahun – 10 tahun dengan bunga bersaing 14% p.a.

Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

rincian-biaya-haji-2-orang

[2024] Rincian Biaya Haji Naik Untuk 2 Orang & Syarat Naik Haji

Biaya haji tahun 2024 saat ini sementara diupayakan untuk mengalami penurunan dibandingkan dengan biaya haji tahun 2023 yang mengalami signifikansi kenaikan. Ada beberapa skem

manajemen properti

Definisi & Tujuan Manajemen Properti serta Ruang Lingkup

Bagi Anda yang yang ingin berbisnis dalam bidang properti maka akan ada banyak hal yang perlu anda pelajari salah satunya adalah manajemen properti. Dengan manajemen properti